Komputerisasi Penjualan Apotek Moderen

by admin on 2013-04-22


membuka usaha apotik sesungguhnya tetap mempunyai peluang besar. bisnis kesehatan tidak ada limitnya, hingga kapanpun akan ada celah di bidang ini. orang bersedia membayar mahal untuk mendapatkan kesehatan yang di idamkan. bila anda mempunyai basic pengetahuan di bidang obat-obatan, maka bisnis ini memanglah pas buat anda. tetapi yang butuh di perhatikan pada waktu mengawalinya yaitu bagaimana rencana apotik yang dapat anda bikin kelak. anda dapat membuka apotik punya sendiri atau mengambil francise dari apotik spesifik. alternative yang lain yaitu membuka apotik dengan online di internet.

pertimbangkan dengan baik pilihan anda, serta yang tentu cocokkan dengan modal yang dimiliki. penentuan lokasi yang strategis juga memastikan perubahan usaha anda. dikarenakan saat ini sangat banyak didapati usaha sejenis yang bertebaran, dimulai dari apotik skala kecil di tempat perumahan hingga apotik-apotik besar tepi'>di tepi jalur, apalagi di mal-mal ( department store ).

pilihan lokasi yang strategis dapat beruntung anda didalam perihal pemasaran. perijinan juga jadi poin yang amat mutlak saat membuka apotik. legalitas yang diperlukan tidak cuma izin membangun badan usaha saja, namun juga izin praktek apoteker yang bertanggung jawab. serta ijin praktek apoteker mesti telah dikantongi sebelum saat apotik di buka. pemasaran dapat dikerjakan dengan beriklan melalui pamflet, brosur, dan seterusnya. dapat juga dengan menjalin hubungan kerja dengan sebagian dokter, sebagai apotik yang ditunjuk sebagai area untuk menukarkan resep dokter tersebut serta pemasok obat-obatan pada klinik dokter ( umumnya obat segera dibeli di klinik tersebut ).

 layaknya pada umumnya masalah yang berlangsung, pencatatan pembukuan cuma dikerjakan dengan manual serta sederhana. terlebih untuk usaha yang baru jalan maupun skala usahanya tetap kecil. menurut mereka seandainya dapat tahu duit yang keluar masuk saja telah cukup. walau kadang-kadang mereka tidak paham dengan persis berapakah persediaannya. hingga mereka tidak dapat tahu dengan akurat perubahan apotiknya hingga seberapa besar.

walau sebenarnya manajemen keuangan yang rapi juga jadi di antara kunci sukses saat membuka usaha. sama layaknya usaha-usaha yang lain, pengelolaan keuangan didalam bisnis apotik ini mesti dibukukan dengan jelas serta terinci. dapat tambah baik bila usaha apotik anda telah terkomputerisasi. maksudnya bukan hanya sekedar hanya menggunakan komputer sebagai alat bantu pekerjaan anda, kian lebih itu baiknya anda menggunakan satu program akuntansi komputer saat mencatat seluruh arus keluar masuknya keuangan toko anda. ditambah lagi bila anda menggunakan program akuntansi komputer yang integrated.

berarti cuma dengan sekali memasukkan transaksi maka segera dapat didapatkan laporan jurnal, berikut laporan neraca serta rugi labanya. dapat dikatakan komputerisasi usaha dapat mempersingkat sistem pembukuan, dan anda akan diuntungkan etahui posisi keuangan usaha anda dengan up date ( tidak mesti menanti akhir bln. dulu ) biasanya didalam bisnis apotik, pencatatan persediaan barang dapat jadi amat rumit. perihal ini dikarenakan dikarenakan variannya yang demikian banyak didalam jumlah yang tidak sedikit juga.

sukar untuk meyakinkan berapakah obat yang keluar masuk tiap-tiap harinya. dikarenakan mustahil mengkalkulasi tiap-tiap biji persediaan obat ( terlebih bila dijual eceran ) secara akurat. walau demikian bila pembukuan anda telah terkomputerisasi maka persediaan barang dapat diketahui dengan akurat. serta selisih persediaan bisa dicatat sebagai biaya ( bila stock fisik minus ) serta dicatat sebagai pendapatan ( bila semakin banyak di stock fisik daripada stock komputer ). tak perlu menanti usaha anda berkembang jadi besar dulu untuk komputerisasi. yang butuh diingat yaitu komputerisasi yaitu investasi bukan hanya sebagai biaya. dikarenakan dengan komputerisasi beban pekerjaan administrasi dapat menyusut, hingga dapat dialokasikan untuk kerjakan perihal yang lain. serta karenanya ada pembukuan yang rapi, anda dapat memiliki catatan perubahan usaha anda dengan detail dari waktu ke waktu.

DOWNLOAD PROGRAM KOMPUTERISASI APOTEK