Contoh Laporan Omset Penjualan

by admin on 2013-05-28

Apakah Anda sedang merintis sebuah bisnis dan sedang mempersiapkan segala hal terkait inventaris dan administrasi? Inventaris dan administrasi adalah seperti jantung dalam manajemen sebuah bisnis. Siapapun yang memegangnya, harus memahami semua hal terkait pendataan yang sangat dibutuhkan di keseharian bisnis berjalan. Berjualan itu tidak cukup Anda memajang barang dan kemudian menerima uang masuk sebagai pembayaran pembelian produk jualan Anda dan kemudian Anda mengandalkan nota sebagai parameter jalannya bisnis Anda.

 Salah satu yang harus rapi sejak awal sebelum Anda memulai berjualan adalah laporan omset penjualan yang harus Anda bakukan agar mempermudah kontrol. Ini memang sepert nota, dimana dia menjadi bukti keluarnya barang alias terbelinya produk jualan Anda. Baik yang Anda jual merupakan produk sendiri maupun produk orang lain, Anda sebagai reseller, laporan omset penjualan harus tersedia dan digunakan tiap saat. Perhatikan contoh berikut ini: Berikut ini contoh laporan omset penjualan manual:



Contoh di atas adalah laporan manual, yang mana bisa ditulis di buku besar (wujud buku fisik), maupun diketik di program Excel sebagai database yang lebih rapi. Adakalanya, para pebisnis masih menggabungkan keduanya, yaitu ada pencatatan cepat di buku sekaligus juga diketik di program Excel sebagai perapian untuk kebutuhan laporan yang lebih enak dipandang. Cara manual ini masih terbukti efektif, menguji keuletan para karyawan di bagian penjualan dan keuangan.



Berikut ini contoh laporan omset penjualan dengan aplikasi digital: download

Dengan aplikasi seperti itu, saat laporan sudah diketikkan pada hari X dan jam Y, maka akan ketahuan jika suatu saat pada waktu yang lain laporan dirubah. Keunggulan menggunakan aplikasi laporan omset adalah rapi, cepat, dan hemat waktu yaitu tidak dua kali kerja menyalin dari catatan nota maupun buku besar. Software laporan omset penjualan biasanya bisa dipesan ke programmer yang membuka jasa pembuatan software keperluan bisnis. Programmer maupun developer software tertentu banyak bertebaran di internat dengan harga jasa rata-rata mulai Rp 1,5 jutaan tergantung tingkat kerumitan yang diminta klien. Atau membeli yang sudah jadi pun juga ada. Biasanya, software laporan keungan gratisan hanya memiliki fitur yang serba terbatas.