Mengapa Harus Dilakukan Pembukuan Penjualan

by admin on 2013-05-28

Baik itu bisnis kecil tingkat rumahan, menengah, hingga bisnis besar setingkat perusahaan, pembukuan penjualan adalah sebuah kepastian dari banyak keharusan. Salah satu parameter sebuah bisnis itu hidup dan merangkak naik maupun berlari menanjak adalah adanya pembukuan penjualan yang aktif digunakan setiap hari setiap kali terjadi transaksi. Apakah ini repot? Memang, adakalanya ini merepotkan jika saat terjadi pengunjung calon pembeli ramai, apalagi jika jumlah karyawan di bagian penjuaflan dan pembayaran kurang. Namun, sungguh akan jauh lebih repot lagi jika pada setiap akhir jam kerja tidak dicatatkan pembukuan penjualan hari tersebut.

 Tingkat kevalidan pembukuan penjualan sangat bisa diyakinkan 100% benar jika dilakukan pada setiap jam kerja berakhir, atau paling lambat pagi hari pada hari selanjutnya tepat, agar meminimalisasi kelalaian, lupa, atau kehilangan data atau nota, bahkan mengantisipasi kecurangan. Bukan bermaksud curiga kepada karyawan, namun antisipasi kerapian catatan adalah tetap lebih baik. jadi, serepot apapun, pembukuan penjualan harus tetap dilakukan dengan rapi.

Sehingga bisa kita simpulkan bahwa para pengusaha dan karyawan sendiri mendapat manfaat dari pembukuan keuangan yang benar. Manfaat pembukuan penjualan yang rapi, detil, dan tepat antara lain:
  1. Memudahkan manajer dalam mengecek perkembangan bisnis 
  2. Memudahkan bagian keuangan untuk menghitung keuntungan atau kerugian yang terjadi 
  3. Memudahkan bagian gudang atau stok barang dalam mengkroscek ketersediaan barang atas dasar terjadinya penjualan pada pembukuan penjualan dengan kartu stok barang Membantu manajer dalam merencanakan strategi selanjutnya (marketing, pengadaan barang, negosiasi, dll) 
  4. Mengurangi potensi terjadinya kecurangan dalam kerja 
  5. Mengantisipasi terjadinya salah data 
  6. Menentukan produk yang akan lebih diprioritaskan 
  7. Menghemat waktu yang pada ujungnya juga akan: 
  8.  Membantu penaksiran gaji karyawan 

Nah, bagaimana menurut Anda, pembukuan penjualan sangat penting bukan? Ini adalah motor sebuah strategi bisnis akan berlanjut. Seiring jumlah barang berkurang atau jasa terpakai, maka harus terjadi penghasilan finansial yang akhirnya menghasilkan residu yang bernama profit. Jika sudah terjadi profit, barulah bisnis dikatakan berpotensi untuk tetap dijalankan.

Untuk jaman era teknologi pembukuan penjualan otomatis sudah diciptakan softwarenya . salah satu pengembangnya adalah indosoftwareonline.com. software ini dapat di download di sini DOWNLOAD SOFTWARE