Memahami Manajemen Piutang Pelanggan

by admin on 2013-05-13

Memahami Manajemen Piutang Pelanggan Dalam ilmu ekonomi, piutang merupakan kekayaan perusahaan (aktiva) yang timbul sebagai akibat dari dilaksanakannya penjualan kredit. Piutang ialah sejumlah saldo yang akan diterima dari pelanggan akibat dari penjualan secara kredit.

 Karena berbentuk penjualan kredit maka ada resiko yang tidak tertagih atau gagal bayar, maka dari itu perlu yang namanya manajemen piutang. Manajemen piutang dimulai dengan keputusan perusahaan untuk memberikan kredit kepada pelanggan atau tidak. Nah, kebijakan ini akan melibatkan beberapa analisis yang cukup dalam, terkait akumulasi piutang dan komponen kebijakan kredit. Komponen penting piutang adalah :
1. Analisis piutang per pelanggan
2. Analisa umur piutang
3. History Pembayaran piutang perpelanggan
4. Laporan Piutang Jatuh tempo.

Analisa piutang perpelanggan akan memberikan gambaran lengkap mengenai piutang perpelanggan yang meliputi tanggal transaksi, item barang, tanggal jatuh tempo dan sisa piutang. Analisa umur piutang

Analisa umur piutang merupakan analisa guna mengetahui posisi piutang dengan melakukan pengelompokan piutang pada periode tertentu, Adanya pengelompokan tersebut akam memudahkan bagi jajaran manajemen untuk mengetahui posisi piutang, diharapkan mampu mengambil kebijakan keuangan yang tepat. Piutang pelanggan dapat dikelompokkan menjadi piutang yang belum jatuh tempo dan piutang pelanggan yang sudah lewat jatuh tempo. Hal ini akan memberikan panduan , seberapa banyak piutang yang belum tertagih dan untuk mengetahui harta kita

Histrory Pembayaran Piutang Perpelanggan History pembayaran hutang perpelanggan adalah history atau rekapan pembayran piutang perpelanggan.

Laporan Piutang Jatuh Tempo. Laporan ini akan memberikan informasi kepada kita piutang-piutang yang akan jatuh tempo. Piutang merupakan modal dan harta kekayaan toko kita, untuk itu sangat perlu memanajemen dengan cermat dan akurat. Pembuatan analisa piutang memang agak menyulitkan apabila dikerjakan secara manual.

Namun di era serba canggih sekarang sudah ada developer software yang telah mengembangkan software untuk menganalisa piutang pelanggan. Software ini juga tidak hanya mampu mengatasi atau membuatkan kita analisa piutang, tapi juga data-data lainnya.

Software ini bisa dibilang handal di kelasnya, perusahaannya sudah berdiri sejak 2007 dan jalinan konsumen sudah hampir seluruh indonesia. klik DOWNLOAD DEMO INDORETAIL

Nah, manajemen piutang pelanggan yang baik haruslah melakukan evaluasi kredit, yang harus memenuhi standar character, capacity, caJapital, collateral, dan conditions, yang dalam ilmu ekonomi itu disebut dengan 5C.