Kartu Stok Untuk Apotek

by admin on 2013-05-19

Kartu stok obat sebagai pengendali persediaan barang untuk apotek dan toko obat harus dimiliki dan diupdate secara berkala. Data logistik seperti ini mempermudah penataan dan penjualan. Pengelolaan ketersediaan obat juga akan memberitahu kapan produk obat tersebut belum habis juga sejak masa pembeliannya. Ini menjadi kartu kendali penting untuk semua bagian kerja dalam sebuah apotek atau toko obat. Sama halnya seperti kartu stok barang pada perusahaan penjualan maupun toko.

Sistem kartu stok obat biasanya ditentukan oleh kebijakan manajemen masing-masing yang pastinya berbeda. Manajemen apotek atau toko obat yang baik adalah yang mampu membuat daftar pengelolaan obat dan administrasi apotek yang rinci, tepat, dan benar. Kelengkapan administrasi apotek sendiri juga sangat mempersiapkan blanko-blanko pengisian blangko pesanan obat kartu stok, blangko salinan resep, blangko faktur dan blangko nota penjualan, buku pembelian dan penerimaan serta buku, penjualan dan penerimaan obat.

Semua blanko data-data tersebut sangat diperlukan untuk mendukung kinerja apotek atau toko obat menjadi lebih baik daripada sebelum-sebelumnya. Antar satu data dengan yang lainnya saling mempengaruhi. Disinilah letak petugas administrasi yang harus cakap, bukan mengandalkan data yang sudah dibuat, namun siap merapikan dan bekerja dengan berorientasi pada kebutuhan tempat bekerja dan peningkatan pelayanan.

 Semua kebutuhan data tersebut, termasuk kartu stok obat, bisa dilakukan manual tanpa harus mengandalkan software atau aplikasi daftar stok yang rata-rata harus didapatkan dengan membeli dari developer maupun toko software. Semua pekerjaan pencatatan pun bisa rapi asal dicatat berdasarkan kebutuhan dan seharusnya.

 Ini adalah strategi pengelolaan obat dan administrasi apotek. Administrasi umum bisa meliputi pencatatan, pengarsipan, pelaporan dan dokumentasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sementara administrasi pelayanan adalah pengarsipan resep, pengarsipan catatan pengobatan pasien, dan pengarsipan hasil monitoring penggunaan obat. Nah, untuk mendukung administrasi yang bagus tentunya kartu stok obat sangat dibutuhkan di sini.

Saat ini untuk membuat kartu stok bisa dibuat otomatis menggunakan program atau software dari www.indosoftwareonline.com yakni software indoapotek versi 2013. Dengan software otomatis ini maka kita mampu membuat kartu stok obat untuk apotek atau toko obat kita hanya dengan waktu 5 detik. FANTASTIS ...

Untuk download software apotek indoapotek silahkan download di sini: DOWNLOAD INDOAPOTEK