Laporan Keuangan Toko Komputer

by admin on 2013-05-27



Laporan Keuangan Toko Komputer


Berbicara tentang urgensi laporan keuangan toko komputer, seorang kenalan yang memiliki sebuah toko komputer dan laptop pernah bercerita tentang dinamika bisnisnya. Dia bercerita bahwa dalam satu jalan raya di wilayahnya yang masih tergolong desa itu, terdapat tiga toko komputer termasuk punyanya. Toko komputer miliknya termasuk yang lebih besar dibanding dua toko lainnya tersebut, secara gedung dan sarana bagian depan. Namun, sayang sekali, seiring dia membesarkan toko tersebut, tentunya untuk profit, yang dia dapat dalam satu tahun pertama ternyata hanyalah uang bergulir dan hampir tidak ada penambahan profit padahal terjadi banyak sekali transaksi. Dia bingung, kenapa bisa terjadi.

Alhasil, kami sarankan kepadanya untuk menengok lebih jauh tentang kinerja para karyawannya. Kebetulan dia menunjukkan kamera perekam ruangan kantor alias CCTV kecil untuk ruangan. Terekam di sana kinerja para karyawan solid, bagus, cepat tanggap dan tidak terlihat ada yang malas di ruangan maupun urusan keluar untuk pelanggan. Nah, tibalah kami untuk menanyakan tentang selama ini catatan laporan keuangan tokonya bagaimana, dan dia pun menceritakan bahwa laporan ada. Tak puas kami hanya sekedar dengan kata ‘ada’, maka dia pun mengambilkan beberapa buku berukuran HVS yang katanya berisi laporan keuangan. Dan begitu dibuka, laporan keuangan toko komputer ini sangat tidak jelas.

Lepas dari kecurigaan, ketiga tidak ada bukti rinci, yang jelas laporan keuangan toko komputer milik teman tersebut sangat tidak memenuhi standar laporan. Kartu stok barang yang sudah selayaknya tiap saat diupdate begitu ada barang keluar masuk saja tidak ada. Pembelanjaan keluar cukup banyak, terjadi transaksi sangat banyak, nota juga numpuk, namun keterangan laporan harian sebatas catatan. Laporan keuangan sepertinya hanya mengandalkan tumpukan nota keluar masuk tanpa pembukuan yang pasti. Laporan klaim garansi atau tukar barang cacat atau rusak juga tidak ada, benar-benar hanya mengandalkan nota yang mungkin dicoret-coret untuk catatan tambahan.


laporan keuangan toko komputer

Hal seperti ini tidak bisa dibiarkan, kecuali Anda tidak ingin profit. Untuk bisa mengembangkan toko komputer, laptop, maupun toko gadget lengkap dimana hampir semua barang memiliki harga yang tidak sedikit, seharusnya laporan lebih dari sekedar manual, bisa menggunakan software laporan keuangan toko komputer

Salah satu software keuangan toko komputer yang ada di pasaran adalah milik perusahaan www.indosoftwareonline.com. software besutannya telah dibuat handal sejak tahun 2007.

Selain akurat dan cepat software ini memiliki tampilan dan penggunaan yang mudah, bahkan anak saya pun bisa mengoperasikan software ini. Tinggal klik semua laporan akan tersaji, sehingga kita sebagai pemilik toko akan dimudahkan dalam rekap laporan. Selain itu kita bisa memiliki waktu yang lebih banyak untuk memikirkan pengembangan toko komputer kita, mempunyai waktu menjalin hubungan dengan supplier, dan terpenting lebih banyak waktu untuk keluarga, daripada hanya disibukkan dengan  membuat laporan.

Oya untuk software nya dapat di download di sini 
Download software keuangan toko komputer